بسم لله لرحمن لر حيم

                                                                           
Keluarga bahagia adalah dambaan semua orang. Tentusaja untuk membangun keluarga bahagia dan harmonis tidak mudah, karena pada dasarnya dua individu atau lebih yang menjadi anggota keluarga memiliki kehendak dan karakter berbeda beda. Logikanya adalah kalau dua zat yang jelas-jelas berbeda secara fisik dipaksa untuk disatukan,tetap saja perbedaannya dapat dikenali dengan jelas.
Kalau dua zat tersebut memiliki sifat dasar samabukankah bisa disenyawakan dengan baik. Misalnya duacawan air, yang pertama berwarna merah yang satu lagiberwarna kuning. Keduanya dicampur dalam sebuah bejana,maka sifat asli keduanya akan hilang dan berubah menjadiwarna lain. Nah, warna lain ini yang menjadi model keluargahermonis dengan meninggalkan egoisme masing-masing individu sebelum menikah
Belajar dari kegagalan diri aku mencoba menyelami dan mempelajari dari sahabat dan penulis lain , berikut ini beberapa kiat  yang dapat dilakukan untuk membangun dan mewujudkan keluarga yang harmonis :
 
1.        Buatlah Komitmen Jangka Panjang
Komitmen jangka panjang berarti tujuan bersama antara suamidan istri. Berjanjilah bahwa anda berdua akan mewujudkabsuatu dream masa depan untuk kebahagiaan “abadi”. Apatujuan jangka panjang anda berdua? Misalnya anda danpasangan berkomitmen akan mewujudkan keluarga bahagiadengan anak-anak yang sukses dalam pendidikan. Mungkinyang lain ingin membukukan keabadian keluarga dalam sebuahbuku mamoar dan seterusnya.
2.        Saling Percaya
Membangun kepercayaan bukan hal yang mudah, apalagikalau diantara pasangan pernah ada kejadian yang mengganjaldiantara keduanya. Pun kalau pernah ada kejadian yangmencederai kepercayaan rumah tangga, berusahalahmembangun kembali dengan cara yang anda sepakatibersama. Ingatlah bahwa tidak semua individu selalu mulusdalam membangun citra dirinya, sehingga kekhilafan yangterjadi karena kondisi eksternal perlu ditoleransi untuk segeradicari solusinya.
3.        Terbuka Untuk Curhat
Suami istri juga sahabat yang bisa dijadikan teman curhat.Apabila istri/suami melakukan curhat, maka pasangannyaharus mendengarkan. Dengan demikian akan terjalinkomunikasi di antara keduanya. Walaupun curhatkadang-kadang membahas hal-hal remeh, tetapi momen inijuga baik untuk membina keharmonisan keluarga. Bagaimanadengan anak? Kadang-kadang kita melupakan curhatanak-anak kita, padahal hal ini sama pentingnya. Kalau anakada keinginan curhat dengan orang tuanya, kita wajibmendengarkan karena dia juga memerlukan media curhat yangsehat dan representatif. Ingat, apabila keinginannya tidakmendapatkan respon positif dari orang tua, bisa jadi merekaakan melakukannya dengan cara diluar kontrol.
4.        Saling Memaafkan Dan Beroriantasi Solusi
Yang pasti kita bukan malaikat yang tidak akan melakukan kesalahan. Kesalahan dan kekhilafan sangat mungkin terjadidiantara suami dan istri. Yang penting adalah segeramenyadari akar permasalahan, saling memaafkan dan mencarisolusi untuk mengembalikan kehangatan hubungan suami-istri.Jangan ada kekerasan hati, tetapi diantara keduanya salingmemaafkan atau minimal salah satu diantara mereka ada yangberlunak hati untuk memaafkan.
5.        Saling Memberi Hadiah Pada Momen Khusus
Anda pasti merasa happy apabila pasangan memberikanhadiah pada momen istimewa, hari ulang tahun, ulang tahunperkawinan, promosi dan seterusnya. Hadiah adalah wujudapresiasi terhadap pasangannya. Dalam pemberian hadiahtidak akan dipermasalahkan nilainya, tetapi ketulusan hati danapresiasi menjadi nilai yang sangat tinggi. Dengan hadiahkehangatan hubungan suami istri akan tetap terjaga.
6.        Berdua Pada Saat Istimewa
Saat berdua biasanya sangat sulit didapatkan apabila keluargasudah memiliki anak, karena mereka menyita waktu yangcukup banyak. Pun demikian, momen itu masih tetap diciptakanwalaupun intensitasnya agak sulit. Tetap saja usahakanmomen ini ada, apakah sebulan sekali atau pada ulang tahunperkawinan. Tentu sangat indah mengenang saat pertamaberkenalan, pacaran dan seterusnya, seolah hal ini masih adawalaupun sudah menjadi suami istri.
7.        Kalimat Sakti
Buatlan pasangan anda senang dengan kalimat sakti. Kalimatsakti bisa mermacam-macam ssuai dengan karakter keluarga.Bisa “I love you”. “I miss you”. “You are my hero” danseterusnya. Kalimat sakti menjadi sangat special pada saatpasangan sedang berjauhan atau menjalankan tugas luar kotadalam jangka waktu tertentu.
 
8.Syukur, Selalu bersyukur adalah hal terbaik ,termasuk mensyukuri pasangan kita sebagai anugerah terbesar dan terbaik dari Tuhan
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top