بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِمِ
             

Alhamdulillah, Kita telah berada di tengah bulan Sya'ban ,setapak lagi semoga kita dan umur kita sampai di bulan  Ramadhan dan Ramadhan tahun tahun berikutnya ,Amiiin dan perjalanan masih panjang untuk  menuju hari kemenangan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang agung dan mulia, dan memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, mengandung di dalamnya kebaikan dari Allah SWT, Pahala nya pun berlipat lipat.



Berikut ini adalah keistimewaan ramadhan

1. Bulan Alquran

Firman Allah SWT : “(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya di turunkan (Permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)….”(Al Quran, Al-Baqarah, 2 : 185).

2. Diutusnya Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah
Muhammad di utus oleh Allah menjadi Rasul-Nya melalui atau dengan jalan diturunkan wahyu Al Quran yang pertama pada bulan Ramadhan

3. Terjadinya Lailatul Qadr
Firman Allah SWT:”Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dri seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (Penuh) kesejahteraan sampai fajar.”(Alquran, Al-Qadr, 97:1-5)


4. Dilipatgandakan Pahala Wajib dan Sunah

Rasulullah bersabda : “…..Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan menunaikan suatu fardhu di bulan yang lain. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu fardhu di dalamnya, samalah ia dengan orang yang mengerjkan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.” (HR. Ibnu Khuraimah)

5. Bulan Syafaat, Berkah, dan Ijabah
Rasulullah SAW bersabda : “Wahai manusia, Sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, Yaitu bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan yang Allah telah menjadikan puasa suatu kewajiban(fardhu) dan qiyam (berdiri shalat malam) di malam harinya sebagai suatu thathawwu. Barang siapa yang menekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah ia dengan orang yang menunaikan satu ardhu di bulan lain. dan barang siapa yang mengerjakan fardhu di dalamnya, maka samalah ia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh fardhu di bulan yang lain. Ramadhan itu bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.” (HR. Ibnu Khuraimah)

Bahkan Menurut sejarah, bulan Ramadhan itu bulan yang dipenuhi kemenangan-kemengangan besar yang diperoleh Rasul dan para sahabat. Sesuai dengan keistimewaan-keistimewaan yang merupakan ciri bulan Ramadhan serta rangkaian ibadah yang mesti dilakukan didalamnya. bulan ramadhan selain dikenal dengan”Syayyidusy Syuhur (ratu segala bulan) juga sering disebut sebagai Syahrul Quran (bulan diturunkannya Alquran), Syahrush shiam (bulan puasa), Syahrun Najam (bulan keselamatan dari azab neraka), Syahrul Jud (bulan kemurahan), Syahrut Tilawah (Bulan untuk membaca dan menekuni ALquran), Syahrush Shobri (bulan sabar), Syahrur Rahmat ( Bulan yang dilimpahi rahmat), bahkan disebut Syahrullah (bulannya Allah)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top