Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya permulaan Al-Qur’an. Banyak sekali nash yang menyebutkan tentang keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan,baik membaca untuk keseluruhan ataupun untuk beberapa ayat dan beberapa surat.














شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).” [Al-Baqarah : 185]
Disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari, dari Utsman bin Affan ra, bahwa Nabi Saw bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan yang mengajarkannya.”
Disebutkan pula dalam Ash-Shahihain, dari Aisyah, bahwa Nabi Saw bersabda: “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an akan bersama rombongan malaikat yang mulia lagi terpuji. Dan orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapatkan dua pahala.”
Satu pahala itu untuk membaca Al-Qur’an dan satu pahala lagi untuk kesulitan yang dialami oleh pembacanya.
Juga dalam Ash-Shahihain, dari Abu Umamah, bahwa Nabi Saw bersabda: “Bacalah Al-Qur’an, karena ia datang di hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya.”
Dalam Shahih Muslim, dari Uqbah bin Amir, bahwa Nabi Saw bersabda: “Tidakkah ada salah seorang dari kalian tidak pergi ke masjid untuk mempelajari dan membaca dua ayat dari Kitabullah? Itu lebih baik baginya daripada dua unta. Tiga ayat lebih baik daripada tiga unta, dan empat ayat lebih baik daripada empat unta, dan terus disebutkan dengan bilangan-bilangan unta tersebut.”
Masih dalam Shahih Muslim, dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Saw bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) di antara rumah-rumah Allah untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya, melainkan ketenangan akan turun kepada mereka. Mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisi-Nya.”
Rasulullah Saw bersabda: “Jagalah hafalan Al-Qur’an dengan senantiasa membacanya. Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, ia lebih cepat terlepas daripada unta pada tali ikatannya.” (Muttafaq ‘alaih)
Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, Nabi Saw bersabda: “Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah undangan dari Allah, maka terimalah undangan itu sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Al-Qur’an itu adalah tali yang kokoh, cahaya yang benderang, obat yang bermanfat, penjaga dari kesalahan bagi orang yang berpegang teguh dengannya, serta keselamatan bagi orang yang mengikutinya. Ia tidak melenceng sehingga perlu dibenarkan, dan tidak pula bengkok sehingga harus diluruskan. Keajaibannya tidak pernah terhenti dan tiada pernah usang meskipun sering dibaca berulang kali. Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Allah memberikan pahala kepada kalian jika membacanya. Satu huruf dibalas dengan sepuluh kebaikan. Ingat, aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR Al-Hakim)
Banyak sekali hadist dan ayat yang menyatakan keutamaan membaca Al-Qur’an dibulan ramadhan ini, mari kita perbanyak untuk membaca dan memahami Al-Qur’an agar kita bisa mendapatkan petunjuk dari Allah. Karena jelas telah difirmankan dalam petikan surat diatas bahwa Al-Qur’an di turunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia.
Related posts:
  1. KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN DAN KEUTAMAAN BERAMAL DI DALAMNYA
  2. RAMADHAN BULAN BERKAH

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top