بسم لله لرحمن لر حيم

                                                                         


                                                                         
         
Sahih International
O Prophet, tell your wives and your daughters and the women of the believers to bring down over themselves [part] of their outer garments. That is more suitable that they will be known and not be abused. And ever is Allah Forgiving and Merciful.
Indonesian
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Qs Al Ahzab : 59 )
                                      
 Secara etimologis 'Iffah adalah bentuk masdar dari 'affa-ya 'iffu 'iffiyatan yang berarti memiliki arti mejauhkan diri hal hal yang tidak baik,Dan juga berarti menjaga kesucian diri .
Secara terminologi 'iffah adalah menjaga kehormatan diri dari hal yng akan merendahkan ,merusak dan menjatuhkan kehormatanya.
Nilai dan wibawa seorng Muslim/Muslimah bukan di tentukan oleh bentuk rupa,tapi lebih di tentukan oleh kehormatan dirinya,untuk hal tersebut kita harus menjauhi larangan larangan Allah baik dalam ucapan atau perbuatan,dantidak hanyaitu saja ,kita juga harus menjaga diri dari hal hal yang bertentangan dengan kehormatan diri sebagai ummat.

Salah satu Bentuk 'Iffah

Alqur'an dan Hadist memberikan  contoh tentang 'iffah antara lain :

Menjaga diri dari segala sesuatu yang berkaitan dengan nafsu seksual , dengan cara menjaga pengelihatan  pergaulan dan berbusana. serta meenghindari tempat tempat kemaksiatan ( diskotik/Pub malam ) dan pergaulan bebas , seperti halnya perintah Allah dalam Alqur'an surat Al-Isra 32 yang artinya

"Dan janganlah kamu mendekati zina ,Sesungguhnya zina itu adalah hal yang keji dan jalan yang  buruk"

Rasulullah juga bersabda

"Jauhilah perbuatan berdua duaan dengan wanita atau yang bukan mukhrimnya ,Demi dzat Allah yang diriku berada dalam genggamanNYA ,tidaklah berduaan seorng laki lakidan wanita lain kecuali syaitan berada di tengahnya "

Dari beberapa nash di atas sangat jelas Allah dan RasulNYA memberikan tuntunan tentang cara menjaga kehormatan diri dari permasalahan seksual ,seseorang tidahn hanya harus menghindari perzinaan ,tapi juga harus menghindari segala sesuatu yang akan mengantarkan diri kita pada perzinaan. 

Disamping tidak bergaul secara bebas untuk menjaga harga diri dalam masalah seksual ,Islam mengajarkan kepada kita tentang bagaimana mengatur pandangan terhadap lawan jenis dan bagaimana cara berpakaian yang benar dan sopan  bagi muslim dan muslimah ,menurut agama kita dengan berpakaian yang menutup aurat ,tidak ketat , berbahan tidak transparan, dan pakaian yang menunjukan kesombongan, pakaian adalah identitas diri seorang muslim,

Reposted by Rusli Munandar disarikan dari Risalah Jum'at Majlis Tablig Muhammadiyah DI Yogjakarta

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top